BEM FEB UNAIR

Fakultas Ekonomi & Bisnis

Peringkat Unair Naik – Hasil Survei THE-QS World

The Times Higher Education-QS World University (THE-WS World) kembali melansir urutan terbaik perguruan tinggi dunia. Dalam rilis terbaru Jumat lalu (9/10), peringkat beberapa perguruan tinggi di Indonesia naik. Di antaranya, Universitas Airlangga (Unair).

Di lima besar top universities, ada Harvard University Amerika (pertama), University of Cambridge Inggris (kedua), Yale University Amerika (ketiga), University College London (keempat), serta Imperial College London dan University of Oxford (masing-masing peringkat kelima).

Posisi teratas perguruan tinggi di Indonesia masih diduduki Universitas Indonesia (UI). Jika tahun lalu UI berada di posisi ke-287, kini peringkat mereka naik menjadi 201. Di peringkat dunia, posisi Universitas Gadjah Mada (UGM) juga naik, dari peringkat ke-316 menjadi ke-250. Sedangkan peringkat Institut Teknologi Bandung (ITB) malah turun, dari posisi ke-315 menjadi ke-351.

Di bawah ITB, untuk peringkat kampus terbaik, ada Unair. Unair berada di urutan ke-401 di antara 500 top universities. Dibandingkan tahun lalu, posisi Unair kali ini naik cukup signifikan. Sebab, sebelumnya kampus yang didirikan pada 1954 itu bertengger di urutan ke-501.

Posisi Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang masih berada di bawah Unair. IPB dan Undip berada di posisi ke501. Anehnya, ITS tahun ini tidak masuk dalam daftar 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis The Times Higher Education-QS World University.

Pemeringkatan 500 universitas terbaik di dunia itu merupakan hasil survei di lima ribu perguruan tinggi di seluruh dunia. Pemerintah dan universitas di penjuru dunia belakangan memang ramai-ramai berinvestasi meningkatkan citra dan pengakuan di pentas internasional. Sebab, pendidikan tinggi kini telah menjadi industri global.

Bahkan, saat ini peringkat universitas digunakan oleh para pengusaha untuk mengidentifikasi calon tenaga kerja dan pengajar sekaligus membentuk kemitraan. Peringkat tersebut juga menjadi acuan orang tua dan pelajar untuk mencari lembaga pendidikan bermutu.

Wakil Rektor I Unair Prof Dr Zainuddin Apt mengatakan, peringkat Unair memang naik cukup signifikan dalam pemeringkatan yang dilakukan The Times Higher Education-QS World University. Sebab, selama ini Unair telah meningkatkan performa sesuai dengan indikator penilaian lembaga itu.

Kajian peringkat tersebut meliputi pengembangan riset dosen yang dipublikasikan di jurnal internasional, kajian pengguna lulusan, jumlah pengajar internasional, jumlah mahasiswa internasional, rasio dosen dengan mahasiswa, hingga tata kelola. ”Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas,” tegasnya.

Dia menjelaskan, tahun ini terdapat sepuluh dosen yang memublikasikan penelitian di jalur internasional. Selain itu, peningkatan itu diraih karena ada kelas-kelas internasional. Saat ini, Unair melakukan double degree dengan beberapa kampus luar negeri. Di antaranya, Groningen University (Belanda), Cobe University (Jepang), Bonn University (Jerman), dan Hiroshima University (Jepang).

Zainuddin menambahkan, Unair sebetulnya tidak semata-mata mengejar output peringkat dunia. Yang lebih diutamakan adalah terus-menerus meningkatkan kualitas pendidikan dengan standar internasioal. ”Untuk itu, perbaikan-perbaikan terus kami lakukan dengan berbasis kebangsaan,” pungkas Zainuddin.

(Jawa Pos, 13 Oktober 2009)

Iklan

13 Oktober, 2009 - Posted by | Berita Hangat

1 Komentar »

  1. kata ITS G’masuk…
    its masuk di urutan 600+
    malahan yang signifikan kalau di jawa timur UNIBRAW malang tahun kmrn masuk and tahun sekaran masuk juga di urutan 500…
    waduh unair perlu hati2 sama unibraw ni…

    Komentar oleh zia | 18 Oktober, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: