BEM FEB UNAIR

Fakultas Ekonomi & Bisnis

Kode Baru Penyerang Windows Disebar di Internet

Hacker kemarin telah merilis kode baru yang dapat digunakan untuk menyerang Windows. Kode bernama Metasploit tersebut dapat di-download oleh semua orang dari Internet. Kode Metasploit dapat bekerja pada Windows Vista SP1 dan SP2 serta Windows 2008 SP1 Server dengan memanfaatkan celah keamanan SMB (server message block) versi 2. Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows 2000 tidak terpengaruh.

Kode ini sebetulnya bukan kode baru yang memanfaatkan celah keamanan Windows yang sudah diketahui sejak 7 September. Sudah ada malware yang bisa menyerang Windows lewat celah tersebut. Hanya saja, semua malware tersebut hanya bisa membuat Windows crash. Malware yang dibuat dengan kode hasil karya seorang peneliti bernama Stephen Fewer ini bisa membuat penyerang menjalankan software di komputer.

Beberapa analis menganggap kode ini tidak sepenuhnya berbahaya. Soalnya, menurut peneliti Peneliti Kostya Kortchinsky, serangan Metasploit hanya bekerja di Windows Vista yang berjalan di dalam mesin virtual VMware. Ketika ia mencoba menjalankan di komputer bersistem operasi Windows Vista, Metasploit cuma membuat sistem crash.

Meski demikian, pengguna Windows harus tetap berhati-hati. Microsoft pun ditekan untuk segera mengeluarkan perbaikan. Para ahli keamanan khawatir kalau kode ini dapat menyebar seperti Conficker.

Microsoft sudah mengeluarkan suatu perangkat untuk menonaktifkan SMB. Pengguna Windows Vista dapat menggunakannya sementara Microsoft memperbaiki sistem tersebut.

Iklan

29 September, 2009 - Posted by | PCplus

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: