BEM FEB UNAIR

Fakultas Ekonomi & Bisnis

Ancaman #1: Tidak Instal Patch

Ancaman nomor wahid dalam dunia keamanan internet adalah software yang tidak ditambal (patch). Demikian laporan dari institut pendidikan dalam bidang keamanan SANS.

Patch dibuat untuk menambal celah keamanan pada software. Celah keamanan itu wajib ditambal karena dari situlah biasanya malware melakukan serangan. Laporan SANS yang berjudul “Top Cyber Security Risks” menunjukkan kalau serangan phising banyak menggunakan celah keamanan yang tidak ditambal. “Orang merasa aman karena mengunduh dari situs web yang sudah terpercaya. Mereka bisa terkecoh oleh phising yang membuat seolah-olah situs web itu terpercaya. Lalu, mereka membuka file dokumen, musik, atau video yang sebetulnya menggunakan celah keamanan untuk menyerang,” begitu sedikit bagian dari laporan SANS.

Laporan itu juga menyatakan kalau orang kadang-kadang tidak perlu membuka file untuk terinfeksi dari celah keamanan. “Dengan berkunjung ke suatu situs web saja mereka sudah bisa terinfeksi,” lapor SANS. Situs web bisa terinfeksi sehingga menyebarkan malware. Itulah ancaman nomor dua di bidang keamanan.

SANS melaporkan 60 persen dari seluruh serangan di internet menyerang aplikasi situs web. “Serangan itu bisa membuat suatu situs web yang sebetulnya dapat dipercaya menjadi situs web yang menyebarkan malware,” sebut laporan SANS. Sebanyak lebih dari 80 persen aplikasi web, seperti SQL injection dan Cross Site Scripting, dilaporkan memiliki celah keamanan.

Untuk melihat laporan lengkap “Top Cyber Security Risks”, kunjungi situs web SANS (http://www.sans.org/top-cyber-security-risks/)

Iklan

17 September, 2009 - Posted by | PCplus

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: