BEM FEB UNAIR

Fakultas Ekonomi & Bisnis

ITS dan Unair Beri Toleransi

INSTITUT Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tahun ini menerima 1.510 mahasiswa dari jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN). Di antara jumlah itu, 214 mahasiswa tidak mendaftar ulang.

Kepala BAAK ITS Mukayat mengatakan, hingga masa daftar ulang mahasiswa baru jalur SNM PTN berakhir Sabtu lalu (8/8), tidak semua mahasiswa mendaftar ulang. ”Ada 214 orang yang belum mendaftar ulang,” katanya kemarin (9/8).

Mahasiswa yang tidak daftar ulang itu, lanjut Mukayat, disebabkan beberapa faktor. Ada yang ternyata tidak senang dengan jurusan yang dipilih, diterima di PTN lain, berasal dari luar pulau, atau si mahasiswa tidak mengetahui jadwal daftar ulang. ”Ada yang tidak bisa daftar ulang lantaran banknya telanjur tutup pada Sabtu lalu (8/8),” katanya.

Ada pula beberapa mahasiswa baru yang meminta dispensasi agar diperbolehkan untuk daftar ulang setelah 8 Agustus. ”Misalnya, ada yang dari Medan dan harus melakukan persiapan untuk berangkat ke Surabaya,” ujarnya.

Berdasar faktor-faktor itu, BAAK ITS memberikan kebijakan tentang perpanjangan daftar ulang. ”Kami memberi toleransi daftar ulang mahasiswa itu besok (hari ini, Red),” katanya.

Bagaimana mahasiswa yang daftar ulang setelah Senin? Mukayat menjelaskan, tahun lalu ITS memberikan dispensasi bagi mahasiswa baru yang ingin daftar ulang selama empat hari. Tapi, pihaknya akan membicarakan itu dengan rektorat. ”Nanti bergantung rektorat, apakah masih ada dispensasi atau tidak,” jelasnya.

Sama dengan ITS, Unair juga akan menoleransi mahasiswa yang belum mendaftar ulang. Tahun ini, di antara 2.546 mahasiswa yang diterima Unair, 278 calon mahasiswa belum mendaftar ulang hingga penutupan Sabtu (8/8).

Meski begitu, Direktur Pendidikan Unair Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih menegaskan, pihaknya masih memberi toleransi daftar ulang kepada mahasiswa yang belum mendaftar ulang. Hanya, mahasiswa itu harus memaparkan alasan terkait dengan keterlambatan daftar ulang tersebut. ”Tapi, tidak semua akan kami beri toleransi,” katanya.

Jika mahasiswa itu berada di daerah terpencil sehingga sulit akses informasi, pihaknya akan memaklumi dan memberikan toleransi untuk daftar ulang. Tapi, jika mahasiswa tersebut tidak memiliki alasan kuat, pihaknya tidak akan menoleransi lagi. ”Tanggal daftar ulang mahasiswa baru itu sudah diinformasikan pada 4-8 Agustus,” ujarnya.

Nyoman memaparkan, pihaknya telah mengumumkan bahwa pada 4-8 Agustus lalu calon mahasiswa bisa membayar terlebih dahulu sebelum mendaftar ulang. ”Yang terpenting melakukan pembayaran di bank dulu. Kalau administrasi berkas-berkasnya bisa diurus setelah tanggal itu,” katanya.

Hal yang sama terjadi di Universitas Negeri Surabaya. Menurut Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Sistem Informasi (BAAKPSI) Hertiti Setyowati, pihaknya juga memberikan toleransi bagi mahasiswa di luar Jawa. ”Kemarin ada dua mahasiswa dari luar Jawa yang minta toleransi karena masih menunggu pesawat,” ungkapnya.

Hertiti mengatakan, mahasiswa yang belum daftar ulang tersebut berjanji mendaftar ulang besok (hari ini, Red). ”Itu tidak masalah karena sudah ada pemberitahuan sebelumnya,” jelasnya.

Dia mengatakan, di antara 1.481 mahasiswa yang diterima lewat jalur SNM PTN di Unesa, tidak semua mendaftar ulang. ”Ada 285 mahasiswa yang tidak melakukan daftar ulang,” tuturnya.

(Jawa Pos, 10 Agustus 2009)

Iklan

10 Agustus, 2009 - Posted by | Berita Hangat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: